wedang-jahe-bumbubangkit
Minuman Rempah – Bumbu Bangkit (foto : freepik)

BumbuBangkit.com – Rintik hujan yang disertai dengan hawa dingin akan terjadi beberapa waktu di berbagai daerah Indoneisa. Suasana dingin ini begitu cocok untuk ditemani dengan minuman hangat seperti teh, susu, dan kopi. Selain ketiga minuman tersebut, cobalah racikan minuman hangat berempah juga cocok disajikan saat hujan.

Selain berpengaruh pada masakan, kekayaan rempah-rempah Indonesia juga berpengaruh pada minuman tradisional di berbagai daerah. Terdapat berbagai macam minuman yang memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahannya.

Selain mampu menghangatkan badan, racikan minuman berempah juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa minuman rempah-rempah hangat untuk menangkal hawa dingin saat hujan.

STMJ

STMJ merupakan minuman yang dikenali kebanyakan orang. Campuran susu, telur, madu, dan jahe menciptakan cita rasa gurih, manis, creamy, dan pedas hangat disaat bersamaan. Dari bahan yang digunakan saja kita bisa tahu banyaknya manfaat yang diberikan untuk tubuh.

Selain menghangatkan badan, STMJ bisa mengembalikan stamina setelah beraktivitas seharian. STMJ juga mampu menyembuhkan masuk angin, dan mual-mual berkat kandungan dalam jahe.

Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional khas masyarakat Sunda. Minuman ini berbahan utama jahe dan gula aren, namun biasa juga ditambahkan bahan lain seperti merica, kayu manis, pandan, dan cengkih. Sensasi hangat dari bandrek cocok diminum saat dinginnya hujan dan malam hari.

Wedang Jahe

Minuman sari jahe ini tersebar dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wedang jahe terbuat dari irisan jahe segar, gula jawa, dicampur dengan air panas. Untuk menambah rasa dan aroma, biasanya wedang jahe ditambahkan daun pandan, batang sereh, cengkih dan/atau kayu manis.

Wedang Uwuh

Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Penamaan wedang uwuh sendiri karena minuman rempah ini disajikan dengan rempah yang berantakan seperti sampah dalam gelas. Bahan yang digunakan wedang uwuh sendiri adalah jahe, kayu secang, kayu manis, serai, daun pala, kapulaga dan manis gula batu.

Bajigur

Bajigur juga merupakan minuman treadisional khas Sunda seperti Bandrek. Bahan utama bajigur adalah santan, gula aren, dan jahe. Untuk menikmati bajigur dengan rasanya yang manis, hangat, dan gurih, biasanya disajikan dengan kudapan tradisional seperti ubi rebus, kacang tanah rebus, dan berbagai jajanan pasar khas Jawa Barat.

Itulah beberapa minuman hangat dengan olahan rempah yang bisa dinikmati untuk menangkal cuaca dingin di musim hujan. Minuman tradisional di atas sendiri sudah mulai diolah dan disajikan agar ‘kekinian’ dan bisa dinikmati oleh kaum milenial. Minuman ini memang selain memiliki rasa yang lezat juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh sehingga berbagai kalangan juga bisa mencobanya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *