yee-sang-makanan-khas-imlek-bumbubangkit
Yee Sang, Makanan Khas Tahun Baru Imlek – Bumbu Bangkit (foto:shutterstock)

BumbuBangkit.com – Tahun Baru Imlek begitu lekat dengan berbagai makanan khasnya. Berbagai makanan khas imlek memang begitu menarik untuk dicermati karena memiliki filosofi yang mendalam, salah satunya adalah Yee Sang atau Yu Sheng.

Yee Sang sendiri merupakan sajian salad dengan bahan ikan segar dan irisan halus berbagai jenis sayuran dengan bumbu yang terdiri dari saus plum, minyak, bubuk lada dan kayu manis. Bahan ikan yang biasa digunakan pada versi klasik adalah ikan tuna atau ikan salem, sedangkan sayuran yang digunakan yaitu wortel, dan lobak.

Tradisi memakan Yee Sang sendiri diyakini dimulai sejak Dinasti Song Selatan di abad ke 12 Masehi. Yee Sang sendiri hanya dinikmati pada awal tahun baru saja, karena dipercaya sebagai makanan yang akan menghantarkan keberuntungan di tahun tersebut bagi mereka yang mempercayainya.

Nama Yee Sang yang berasal dari frasa “Yu Sheng” sendiri memiliki arti kelimpahan hidup. Tradisi menyantap Yee Sang yang dilakukan secara bersama juga memiliki makna agar bisa memdapatkan kelimpahan hidup bersama-sama sepanjang tahun.

Sebelum dapat menikmati Yee Sang, bahan-bahan harus disusun rapi di atas piring bundar yang besar, dan dikelilingi semua orang. Sambil disiapkan, semua orang mengiringinya dengan ucapan dalam bahasa Mandarin yang memiliki harapan baik sepanjang tahun.

Langkah terakhir adalah mencampur semua bahan menggunakan sumpit secara bersama-sama sambil diangkat-angkat ke atas. Semakin tinggi diangkat maka akan semakin baik dan dipercaya akan memberikan keberuntungan lebih besar di tahun tersebut.

Yee Sang sendiri mengalami perubahan penyajian dibanding versi klasik. Saat ini bahan yang digunakan Yee Sang pada umunya adalah ikan salmon, dan sayurannya bisa berjumlah 8 jenis karena dianggap angka keberuntungan dengan jenis seperti wortel, lobak hijau, lobak putih, rumput laut, jeruk Bali/pomelo, rumput laut, dan pangsit.

Selain itu bumbu yang digunakan juga bisa menambahkan bumbu lima rempah yang meliputi kelima rasa manis, asam, pahit, pedas, dan asin. Bumbu lima rempah pada umumnya terdiri dari bunga lawang, cengkih, kayu manis, andaliman, dan biji adas. Bahkan ada juga Yee Sang versi vegetarian yang mengganti ikan dengan ikan tiruan berbahan kedelai.

Berbagai filosofi dalam Yee Sang memang menarik hingga membuat kita ingin mencoba untuk mencicipinya. Namun tak perlu khawatir karena Yee Sang sendiri dijual di restoran-restoran dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Jadi, tertarik untuk mencoba Yee Sang?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *