nasi-bogana-bumbubangkit
Nasi Bogana Kesultanan Cirebon – Bumbu Bangkit (foto:istimewa)

BumbuBangkit.com – Saat berkunjung ke Kota Cirebon, tentu kita akan langsung berburu kuliner khasnya seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, atau Nasi Lengko. Kuliner lezat lain yang bisa menjadi pilihan adalah Nasi Bogana. Makanan para Sultan di Kesultanan Cirebon.

Indonesia memang memiliki berbagai macam kuliner olahan nasi di berbagai daerah. Saking banyaknya bisa membuat kita bingung untuk membedakannya karena terkadang memiliki kemiripan satu sama lain, dan bahkan ada yang memiliki nama yang sama.

Nasi bogana Cirebon sendiri ternyata memiliki ‘saudara’ dengan nama yang sama. Kota Tegal juga memiliki kuliner olahan nasi bernama Nasi Bogana. Meski sekilas tampilannya hampir sama, kedua olahan nasi ini berbeda.

Nasi bogana Cirebon sendiri pada awalnya merupakan bentuk rasa syukur Kesultanan kepada Tuhan dengan memberikan sedekah kepada masyarakat. Nama ‘bogana’ sendiri diambil dari kata dalam bahasa Sunda ‘saboga-bogana’ yang berarti ‘seadanya’ atau ‘semampunya’.

Hal ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa untuk bisa bersedekah tidak perlu mewah dan memaksakan, dengan apa yang kita miliki saja sudah cukup untuk melakukan sedekat sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

Nasi bogana juga memiliki filosofi tersendiri dalam penyajiannya. Nasi kuning yang dihidangkan berbentuk kerucut seperti nasi tumpeng ini melambangkan rasa syukur kepada Tuhan, dan warna kuning dari kunyit pada nasi sebagai simbol keagungan, kemakmuran, dan kejayaan.

Nasi bogana biasanya disajikan dengan lauk opor ayam, tahu, tempe, dan telur rebus, yang dialasi dengan daun pisang. Jika dahulu yang dimakan pada acara tertentu, kini Keraton Kacirebonan mengelola restoran yang menyajikan nasi bogana yang bisa dinikmati setiap saat.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kesultanan untuk menjaga tradisi Kesultanan Cirebon agar tetap terjaga. Apalagi wisata Cirebon semakin terangkat berkat adanya akses Tol Cipali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *