sambal-kuliner-pedas
Nikmatnya Sambal Pedas – Bumbu Bangkit

BumbuBangkit.com – Bagi sebagian orang makan tanpa sambal atau rasa pedas terasa kurang greget. Kehadiran sensasi pedas seolah menjadi suatu kewajiban di saat makan. Lantas apa yang menyebabkan orang Indonesia begitu cinta akan makanan pedas?

Pedas sebenarnya bukan merupakan rasa yang diterima lidah seperti manis, asin, asam, dan pahit, melaikan efek panas dari zat capsaicin yang terkandung dalam cabai, merica, dan rempah-rempah lainnya. Namun sensasi panas ini menciptakan kenikmatan tersendiri karena dipadukan dengan berbagai bumbu yang menjadikannya lezat.

Rasa pedas pada masakan sendiri dipercaya mampu meningkatkan selera makan. Namun sebenarnya yang menjadikan kita begitu suka dengan sensai pedas adalah adanya hormon endorfin.

Panas yang disebabkan zat capsaicin membuat hipotalamus bereaksi saat tubuh merasakan sakit. Rasa sakit akibat panas ini menjadikan tubuh secara alami mengeluarkan endorfin. Senyawa ini mirip seperti morfin, sehingga menjadikan kita begitu menikmati citarasa pedas dan justru membuat ketagihan.

Akibat sensasi tersebut maka tak heran berbagai makanan dengan citarasa pedas begitu laris dan tidak sepi pembeli. Bahkan pedas makanan yang berlevel justru menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta pedas untuk bisa menaklukannya. Hal ini menjadikan bisnis kuliner pedas menjadi peluang yang menggiurkan.

Kekayaan rempah-rempah di Indonesia juga berpengaruh pada jenis masakan daerah yang menggunakannya sebagai bumbu masak. Masakan daerah seperti rendang, rica-rica, penyetan, atau jajanan seperti seblak adalah contoh dari makanan pedas yang ada di Indonesia. Menjadikan bisnis kuliner yang tidak ada matinya.

Terlepas dari lezat dan nikmatnya menyantap makanan pedas, namun kita harus bisa membatasi jumlah konsumsinya. Terlalu banyak mengonsumsi pedas bisa mengakibatkan dampak buruk pada sistem pencernaan, membuat perut mulas dan diare. Bahkan dampak lebih parahnya bisa mengakibarkan gejala refluks asam lambung (GERD).

Maka dari itu sebaiknya kita mengonsumsi makanan pedas sewajarnya saja. Selain menikmati sensasi pedas dengan kelezatannya, konsumsi dengan wajar juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *