Salad-Diet-Blue-Zone
Diet Blue Zone – Bumbu Bangkit

BumbuBangkit.com – Berbagai metode diet semakin berkembang belakangan ini. Berbagai cara dilakukan untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satu metode diet yang bisa dicoba adalah Diet Blue Zone. Terinspirasi dari gaya hidup penduduk di 5 wilayah dengan umur hidup lebih tinggi dari rata-rata umur hidup di dunia.

Blue Zones merupakan 5 daerah di dunia yang dicetuskan oleh Dan Buettner memiliki umur lebih panjang dari pada umur rata-rata. Lima daerah tersebut adalah Okinawa – Jepang, Ikaria – Yunani, Sardinia – Italia, Nicoya – Kosta Rika, dan Loma Linda – California.

Penelitian yang dilakukan oleh Dan Buettner bersama timnya adalah mempelajari pola hidup dari orang-orang yang berumur lebih dari 100 tahun dengan tujuan menemukan resep hidup panjang. Dari 150 survei yang dilakukan, terciptalah peta Blue Zone tersebut yang memiliki kesamaan pola makan tradisional. Penduduk Blue Zone sendiri ditemukan terbebas dari penyakit kronis seperti jantung, obesitas, kanker, dan diabetes.

Kunci utama umur panjang para penduduk Blue Zone adalah pola makan berbasis tanaman. Konsumsi nabati penduduk Blue Zone mencapai 95%, sedangkan konsumsi hewani seperti ikan, daging, susu, dan telur hanya 5%. Selain itu juga dalam setiap kali makan harus menghentikan asupan ketika perut sudah terisi sekitar 80%.

Konsumsi yang paling dominan dari pola hidup ini adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara daging yang biasa dijadikan sajian utama justru hanya menjadi pelengkap saja. Selain itu juga penggunaan gula dan garam harus benar-benar dibatasi.

Terlepas dari apa yang dikonsumsi, pola hidup ala penduduk Blue Zone juga perlu dilakukan. Kelima daerah tersebut rutin untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, menghindari rokok, meskipun masih mengonsunmsi alkohol. Hal yang tidak kalah penting adalah hidup bahagia bersama keluarga dan berinteraksi sosial bersama warga lain yang berdampak untuk menghilangkan stres.

Kesuksesan apapun dari suatu program diet tidak serta-merta harus diadopsi secara menyeluruh, karena harus disesuaikan juga dengan tubuh kita. Kondisi tubuh dan lingkungan juga bisa berpengaruh terhadap hasil diet yang kita lalukan. Jadi pilihlah program yang sesuai agar manfaat baik yang akan didapatkan oleh tubuh kita.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *