serangan-jantung-bumbubangkit
Serangan Jantung – Bumbu Bangkit

BumbuBangkit.com – Dunia hiburan Indonesia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Ashraf Sinclair yang merupakan suami dari Bunga Citra Lestari (BCL). Ashraf meninggal akibat serangan jantung pada Selasa, 18 Februari 2020.

Banyak yang terkejut dengan kabar ini karena Ashraf masih termasuk muda, memiliki tubuh yang bugar, dan rajin berolahraga. Serangan jantung memang kerap dikaitkan dengan orang dengan gaya hidup tidak sehat atau usia lanjut, namun saat ini berbagai penyakitpun bisa saja menyerang siapapun.

Serangan jantung sendiri terjadi ketika aliran darah tiba-tiba terhambat ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapat suplai darah. Hal ini mengakibatkan sel jantung mati dan bisa berhenti mendadak.

Untuk mencegah terjadinya serangan jantung, maka saluran pembuluh darah kita harus bersih dari plak yang bisa menghambat aliran darah. Dengan gaya hidup sehat kita bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung. Maka dari itu kita harus bisa menjaga makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk membersihkan saluran pembuluh daran untuk menghindari serangan jantung :

Alpukat

Buah superfood ini merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga mengandung tinggi kalium yang bisa mencegah penyakit kardiovaskular dan kalsifikasi pembuluh darah di arteri.

Kacang

Kacang merupakan sumber lemak tak jenuh, vitamin, dan serat. Beberapa jenis kacang seperti almond, kacang mete, dan kacang kenari memiliki kandungan magnesium tinggi yang menghambat penumpukan dan kolesterol di arteri serta membantu mencegah arteri tersumbat.

Ikan

Ikan memiliki kandungan lemak sehat seperti alpukat, dan kacang. Selain itu kandungan asam lemak omega-3 tinggi pada tuna, salmon, dan sarden terbukti mengurangi kadar trigliserida agar dinding pembuluh darah tidak menebal yang mengakibatkan saluran darah terhambat dan mencegah risiko kematian jantung.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran jenis ini juga mengandung nitrat yang mampu mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Kunyit

Rempah satu ini tentu kita kenal sebagai bumbu masak dan pewarna alami yang sering digunakan seperti pada gulai dan opor. Kandungan senyawa anti-inflamasi pada kunyit mampu mengurangi kerusakan pada dinding arteri.

Meskipun tubuh merasa sehat dan rajin berolahraga, namun resiko serangan jantung tetap bisa terjadi. Maka dari itu menjaga diri dengan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan-makanan seperti di atas, dan rutin melakukan medical check up agar mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *