himalayan-salt-bumbubangkit
Pink Himalayan Salt – Bumbu Bangkit (foto:shutterstock)

BumbuBangkit.com – Garam Himalaya semakin populer digunakan karena dipercaya memberikan manfaat bagi kesahatan dan kecantikan. Garam Himalaya juga dipercaya lebih sehat daripada garam laut karena kandungan mineralnya.

Garam Himalaya sendiri merupakan kristal garam yang ditambang di daerah Khewra, Pakistan yang termasuk daerah Pegunungan Himalaya. Menurut catatan geologi, Pegunungan Himalaya terbentuk akibat tabrakan dua lempengan Eurasia dan lempengan India. Lapisan laut yang terangkat tersebut terbentuk menjadi kristal garam murni yang menjadi sumber garam Himalaya.

Proses tambang untuk memproduksi garam Himalaya menjadikannya memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu karena kandungan mineral yang menjadikannya berwarna pink dan dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan menjadi alasan lainnya berharga tinggi.

Berikut adalah manfaat yang dipercaya dari garam Himalaya :

Mengandung Banyak Mineral

Garam Himalaya memiliki berbagai mineral murni di dalamnya. Warna pink pada garam tersebut diakibatkan oleh kandungan zat besi. Selain itu garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi kandungan yang dipercaya mencapai 80 jenis mineral.

Menyeimbangkan pH Tubuh

Kandungan Natrium dalam garam Himalaya mampu menetralkan asam dalam tubuh. Keseimbangan pH sendiri menjadikan imun tubuh tetap stabil, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Garam Himalaya juga dapat digunakan sebagai antasida karena bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan.

Deteksifikasi

Berendam dalam air hangat yang dicampur dengan garam Himalaya membantu tubuh dalam mengeluarkan racun. Selain itu, garam Himalaya membantu dalam menarik racun dari kulit dan jaringan lemak. Tubuh juga akan lebih segar karena berendam dengan garam Himalaya mampu melemaskan otot yang tegang setelah beraktivitas seharian.

Meredakan Gangguan Pernafasan

Para ahli dari American Lung Association percaya dengan menghirup garam Himalaya mampu mengatasi gangguan pernafasan seperti asma. Hal ini mengakibatkan di Amerika marak spa yang menawarkan salt room, yaitu ruangan yang dibuat dengan garam himalaya untuk spa.

Selama proses spa dalam ruangan garam tersebut, partikel mikro dari garama Himalaya akan masuk ke dalam selama pernafasan. Hal ini dipercaya menipiskan lendir, dan meredakan inflamasi.

Mempertahankan Hidrasi Tubuh

Tubuh manusia mengandung garam elektrolit yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan menjaga hidrasi tubuh. Garam Himalaya sendiri mengandung elektrolit yang bisa membantu dalam menjaga hidrasi tubuh tersebut.

Terlepas dari manfaat dari garam Himalaya di atas, beberapa ahli masih memperdebatkannya karena masih belum teruji secara ilmiah. Beberapa ilmuan menganggap kandungan garam Himalaya sama dengan garam biasa, hanya memang lebih cantik saja secara penampilan dengan warna pink-nya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *